tugas ZZ 1 : ENJOY DI DUNIA JURNALISTIK

Dibandingkan mengerjakan soal matematika, menulis adalah pekerjaan yang paling mudah. mengapa demikian? Kita hanya perlu menggabungkan kata apa saja yang ada di dalam pikiran kita. Soal baik atau buruknya bukan kita yang menentukan. Orang lainlah yang menilai baik atau tidaknya tulisan kita. Menulis dapat dilakukan siapa saja. Kita hanya perlu membiasakan untuk menulis agar tulisan kita menjadi lebih baik.

Hal yang dapat memotivasi kita bisa kita dapatkan disekitar kita. Event–event yang menurut kita menarik, cocok dapat dituang menjadi tulisan. Saat senggang, sebuah pemikiran atau ide dapat kita salin menjadi sebuah tulisan. Mendapatkan ide tersebut tergantung dari kita, apa yang kita pikirkan, jika kita sedang santai atau senggang maka ide – ide yang menyenangkan akan telintas dalam benak kita.

Pernahkan anda bergabung dalam dunia jurnalistki? Dunia jurnalistik terkesan misterius. Ada banyak hal yang kita dapat disana. Sebenarnya menulis dalam naungan dunia jurnalistik itu gampang – gampang susah. Gampang jika kita enjoy dalam menjalani tugas – tugas atau tulisan – tulisan. Susah jika kita tak mampu menyelesaikannya. Namun kendala dalam hal jurnalistik adalah kita harus menjalaninya sesuai prosedur yang berlaku.

Apa saja sich yang menjadi kendala dalam hal menulis? Mari kita bahas bersama. Pada dasarnya, kendala dalam hal menulis adalah niat dalam hati. Jika niat kita hanya setengah hati, kita tak akan mendapatkan hal yang maksimal. Niat merupakan modal utama dalam hal menulis. Saat kita dipaksa untuk menulis dan kita sedang tidak mood, tulisan kita akan acak – acakan. Yang kedua adalah tentukan tema. Seandainya kita menulis tanpa tema yang pasti,tulisan kita akan aneh. Tanpa ada dasaran tema, tulisan kita akan ngalor – ngidul, tak jelas, bahkan mungkin tak berisi penuh, dalam arti, tulisan kita hanya tulisan – tulisan biasa, tanpa ada gagasan yang pasti.Untuk mengatasi kendala dalam menulis kita perlu merumuskan soal – soal yang ada dalam pikiran kita, saling sharing dengan lingkungan sekitar. Biasanya ide tersebut akan muncul tiba – tiba tanpa kita sadari. Jika kita telah menemukan tema, segeralah menulisnya dalam buku atau kertas.

Untuk mengatasi ketidak-mood-an dalam hal menulis kita bisa melakukan gerakan - gerakan ringan. Meregangkan otot syaraf yang kaku atau sedikit straching dapat mengatasi kejenuhan dalam diri kita. Kita juga dapat mengatasinya dengan berhenti sejenak, memandang sekeliling kita yang menurut kita biasa – biasa saja, tapi jika kita perhatikan dengan seksama, hal tersebut akan menjadi luar biasa jika kita berimajinasi. Hal tersebut dapat memicu ide – ide yang bermunculan dalam pikiran kita.

1 komentar:

Prawoto R. Sujadi mengatakan...

Ok Selamat tika atas tugasnya.
Ada beberpa ketentuan yang harus tika taati.

1. Tugas untuk ZZ, tolong di kasih juduk seperti Tugas ZZ 1: Enjoy di dunia Jurnalistik

Mengapa seperti itu, biar saya tidak bingung, ini tuga yang mana. Jangan-kamu juga posting artiel lain, yang bukan tugas. Maklum kemarin Tika tidak ikut. tetapi itu tidak boleh menjadi lasan.

2. Ada kesalahan dalam menuli Judul, ingat. Menulis Huruf depan harus besar "kat duni mestinya Dunia. kecualai keta penghubung di ke, dan dan sebaginya.

3. kalimat awal rasanya kurang masni di baca. Bagaimana jika diganti dengan "Dibandingkan dengan mengerjakan soal Matematika, menulis adalah pekerjaan yang lebih mudah" mengapa begitu, kalimat awal dengan menggunkan adlah sudah biasa, dan sering terjadi pada penuli pemula.

3. kalimat kedua "baik atau tidaknya, baik maupun buru" itu terjadi pemborosan kaliat, mengapa tidak dipakai slah satu saja.

4. "Event – event" itu salah dalam memnulis, yang benar Event–event tanpa spasi.

5. Tolong dalam menuli setipa paragraf di lihat, ma yang nejadi ide pokoknya. Jabarkan secara urut dan runtut sehinga enak dibaca.

6. Coba tiak baca lagi tulsian kamu dari awal sampai akhir, apakah kamu menimati atau justru sebaliknya. Lihat dan perhatikan paragraf berikutnya. silahkan di revisi.

Tapi, idenya saya suka, dikebangkan terus ya Tika, supaya kedepan tulisannya semakin menarik. Untuk jadi hebat memang harus dimuali. Kapan memulainya? ya selkarang ini, saat Tika menjadi Wartawan ZZ.

Saya Tungu tugas kamu selanjutnya.

Salam. Mr. Pra